"Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.." (Mazmur 23:4)

Friday 22 March 2013

CHIP IMPLAN UNTUK MENDETEKSI KESEHATAN

Peneliti Swiss mengatakan bahwa telah ditemukan terobosan baru untuk menanamkan chip kecil di dalam tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk menganalisis darah serta dapat mengirim hasil test langsung ke dokter.

Menurut Marshable (21/3), penanaman perangkat ini berada di bawah kulit. Chip ini bisa melihat langsung konsentrasi zat dalam darah untuk membantu menganalisis kesehatan. Di dalam chip tersebut, ada lima sensor, pemancar radio dan sistem tenaga. Chip dengan ukuran sekitar 14mm ini dikembangkan oleh Institut Teknologi Federal Swiss, di Lausanne, Swiss (EPFL).

Informasi yang didapat oleh chip implan ini akan dikirim ke ponsel dan disampaikan ke dokter. Kemudian dokter akan dengan mudah memonitor gejala-gejala yang ada dalam tubuh dalam beberapa waktu ke depan. "Hal ini akan memungkinkan pemantauan langsung kesehatan pasien," ujar pimpinan tim EPFL, Giovanni de Micheli.

Yang lebih menarik lagi adalah chip ini akan dapat mendeteksi serangan jantung dari tiga sampai empat jam sebelumnya, seperti yang dijelaskan oleh Seorang ilmuwan lain asal EPFL, Sandro Carrara. Dengan adanya penemuan ini, akan sedikit membawa angin segar bagi penderita jantung. Karena dengan chip ini, penderita dapat mengantisipasi datangnya serangan jantung.

Namun chip ini masih dalam tahap percobaan. Ilmuwan dan peneliti akan selalu memberikan yang terbaik. Mereka berharap chip ini siap diluncurkan sekitar empat tahun ke depan. (merdeka/22/3/13)

No comments:

Post a Comment