"Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.." (Mazmur 23:4)

Monday 18 March 2013

TUMPUKAN JERAMI


Adalah seorang ayah yg mempunyai 4 orang anak. Si Ayah bermaksud memberikan pendidikan bg anak2nya tentang bgm menjalani hidup ini dng hikmat. Keempat anaknya diberi tugas yg sama, yaitu masuk ke dlm sebuah kandang kuda, dng pesan: Apakah yg ditemukan/ didapati oleh mereka di dalam kandang itu. 

Anak pertama masuk ke kandang dan stlh itu menemui ayahnya. 
Ayah: "Apakah yg kau temukan di kandang itu, anakku? 
Anak: “Sy hny menemukan tumpukan jerami di dlm kandang, ayah !" 

Lalu menyusul anak kedua, dan sgr kembali ke ayahnya dlm waktu yg lbh singkat. 
Ayah: "Kau temukan apa anakku?" 
Anak:"Maaf ayah, aku tdk menemukan apa2, karena saat aku di dpn pintu kandang, baunya sngt tdk enak. Karena itu aku memastikan bhw di dlm kandang itu tdk ada apa2 yg perlu kulihat." 

Si anak ketiga berikutnya.
Ayah: "Apakah engkau tidak juga menemukan apa2, hai anakku?" 
Anak:"Saya menemukan jerami, kotoran kuda dan bau kotoran yg tdk sedap, ayah !" 

Kini giliran anak keempat yg masuk ke kandang. Kali ini si anak kembali ke ayah agak lama, sekitar 10 menit lalu menghadap sang ayah.
Ayah:"Bagaimana­ dng mu, anakku? Tdkkah engkau menemukan sesuatu?" 
Anak ke-4: "Ya, ayah, aku telah menemukan emas, berlian dan batu2 permata ini, ayah !" 
Ketiga saudaranya terheran2 & spontan bertanya:"Bagai­mana engkau menemukan barang2 berharga itu? Dimana dirimu menemukannya?" 
Anak ke-4:"Aku menemukan emas, berlian dan batu2 permata ini di dlm tumpukan jerami." 

Pesan Imani :
Demikianlah halnya dng bagaimana "cara pandang" kita dlm hidup di dunia ini. Jika kita hnya melihat scr sepintas keadaan dunia ini, maka dng mudah kita akan menemukan "jerami, kotoran kuda dan bau kotoran yg tak sedap". Dng mudah kita akan temukan keadaan, perbuatan dan peristiwa2 yg buruk di dunia ini: pencurian, korupsi, perdagangan bayi, penyalah-gunaan­ narkoba, pergaulan bebas, kata2 yg sia2, sembrono, umpatan, hinaan, hujatan, penghakiman, dll. Itulah yg dikerjakan oleh ketiga anak pertama.

Namun bila kita mau berusaha sedikit lebih keras untuk mencari, mk kita akan menemukan "emas, berlian dan batu2 permata yg berharga". Yg dimaksudkan dg "emas, berlian dan permata" adalah: 
1) Kasih Allah 
2) Firman Tuhan; 
3) Karya pemeliharaan Allah dan penyelamatan oleh Yesus Kristus; 
4) Hikmat, pertolongan dan karunia2 Roh Kudus; 
5) Kerajaan Allah dan kebenarannya (Mat 6:33). 

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Matius 6:33)

JIKA KITA MELIHAT DUNIA SECARA KASAD MATA SAJA (TANPA IMAN), MAKA HANYA BERBAGAI KEBURUKAN DUNIA & HAL-HAL NEGATIF YANG KITA TEMUKAN. TETAPI BILA KITA MEMANDANGNYA DENGAN IMAN & HIKMAT ROH KUDUS, MAKA KITA PUN PASTI AKAN MENEMUKAN HARTA SORGAWI, YAITU KERAJAAN ALLAH & KEBENARANNYA.

Tuhan Yesus Memberkati

No comments:

Post a Comment